Kamis, 19 Juli 2018

Inilah Efek yang Terjadi Bila Air Cooler Jarang Dibersihkan

Apakah Anda sudah tau apa itu air cooler? Air cooler adalah sebuah alat tata udara yang biasa digunakan sebagai alternatif dari AC / air conditioner. Nah, berhubungan dengan itu, Anda tentu ingin segala perangkat elektronik yang dimiliki, termasuk air cooler selalu berfungsi maksimal serta awet dan tahan lama. Tapi untuk menjadikan air cooler ini selalu optimal dan awet maka Anda harus rajin merawat dengan salah satu caranya yakni membersihkan. Berbeda dengan kipas angin yang memang hanya perlu dibersihkan baling-balingnya, air cooler yang memiliki tangki penampungan air juga perlu dibersihkan. Pembersihan pada air cooler ini memang sangat diperlukan. Sebab bila Anda tidak rajin membersihkan maka akan ada beberapa efek buruk yang bisa muncul. Berikut beberapa efek atau dampak buruk yang bisa muncul karena air cooler yang jarang dibersihkan.


1.    Muncul Debu dan Kotoran
Pertama, efek buruk yang bisa muncul dari air cooler yang jarang dibersihkan adalah muncul debu dan kotoran. Bukan hanya pada baling-balingnya, debu dan kotoran juga bisa muncul pada tangki airnya. Debu dan kotoran ini tentu peru dibersihkan karena selain tidak enak dipandang juga tidak menyehatkan bila dibiarkan. 

2.    Udara Jadi Tidak Dingin
Sensasi dingin karena udara yang kelembabannya ditingkatkan oleh air cooler, tidak akan terlalu terasa bila Anda membiarkan kotoran ada pada air cooler. Hal ini dikarenakan kotoran yang tidak dibersihkan akan membuat proses peningkatan kelembaban udara oleh air cooler tidak berjalan maksimal. Jadi Anda yang ingin membuat ruangan selalu terasa dingin maka Anda tak boleh malas untuk membersihkan air cooler.

3.    Udara Tidak Berhembus Kencang
Berikutnya, efek buruk yang bisa muncul pada air cooler yang jarang dibersihkan adalah udara yang tidak berhembus kencang. Udara yang tidak berhembus kencang ini dikarenakan adanya kotoran di dalam air cooler yang menghambat udara berhembus kencang. Sama halnya seperti kipas angin yang baling-balingnya kotor dan tidak dibersihkan. Maka yang akan terjadi nantinya adalah udara yang dihembuskan tidak optimal.

4.    Kesehatan Terganggu
Jangan remehkan kebersihan pada air cooler. Sebab bila Anda jarang membersihkannya akan ada permasalahan serius yang bisa muncul yakni kesehatan yang terganggu. Air cooler yang penuh dengan kotoran dan debu dan jarang dibersihkan memang akan bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan debu da kotoran yang ada bisa masuk ke sistem pernafasan dan mengganggu kinerjanya. Jika hal ini berlangsung terus-menerus maka bukan tidak mungkin beberapa penyakit seperti sesak nafas, asma dan lainnya dapat menyerang Anda. Jadi untuk menghindari beberapa hal buruk tersebut, Anda mau tak mau harus selalu rajin membersihkan air cooler.

5.    Tidak Awet
Terakhir, efek buruk yang bisa muncul karena tangki air cooler yang jarag dibersihkan adalah tidak awet dan tidak tahan lama. Ya, kotoran yang berada di dalam air cooler memang bisa saja membuat perangkat elektronik ini jadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan kotoran yang ada dapat mengganggu kinerja atau sistem kerja dari air cooler. Nah bila hal ini berlangsung lama dan terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen. Dari kerusakan salah satu komponen tersebut maka lama-lama bisa menyerbar ke komponen lainnya.

Inilah beberapa efek atau dampak buruk dari air cooler yang jarang dibersihkan. Karena efeknya yang terbilang merugikan maka Anda sebagai pemiliknya mau tak mau harus rajin membersihkannya. Membersihkan air cooler sendiri terbilang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Anda hanya cukup meluangkan waktu saja minimal sebulan sekali untuk membersihkan seluruh bagian air cooler, termasuk tangki.

0 komentar

Posting Komentar