Senin, 22 Juli 2019

Apa Itu SOP dan Pentingkah Pekerjaan Mengacu Pada SOP?


Dalam bekerja disebuah perusahaan, lembaga atau instansi tertentu, pastinya kita pernah mendengar yang namanya SOP. Lalu pentingkah pekerjaan mengacu pada SOP? Nah untuk mengetahui jawabannya tentunya kita harus mengetahui tentang apa itu SOP dan bagaimana fungsinya terlebih dahulu. Untuk itu, yuk ikuti ulasan berikut.
SOP atau standar operasional prosedur merupakan sistem yang disusun guna memudahkan, menertibkan, dan merapikan seuatu pekerjaan. Setiap perusahaan pada umumnya tentu memiliki SOP sebagai panduan para pegawai untuk menjalankan tugas-tugas dan pekerjaannya. Iya sebab fungsi SOP sendiri adalah sebagai pedoman atau acuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan agar mengarah kepada hasil yang lebih efektif dan efisien. Selain itu ada beberapa manfaat dibuatnya SOP yaitu sebagai berikut:
1.    SOP dapat membantu pegawai agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi dari manajemen, sehingga nantinya akan mengurangi keterlibatan pemimpin dalam pelaksanaan proses pekerjaan sehari-hari.
2.    SOP bisa berfungsi sebagai standarisasi cara yang dilakukan oleh pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, serta dapat mengurangi kesalahan dari pekerja.
3.    Untuk menciptakan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam menjalankan tugas.
4.    Untuk menjadi bahan training yang nantinya dapat membantu pegawai baru agar lebih paham dan lebih cepat dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
5.    Sebagai ukuran standar kinerja yang nantinya akan memberikan informasi kepada pegawai tentang cara yang konkret untuk memperbaik kierja dan juga dapat membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
6.    Dapat menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan lebih baik lagi.
7.    Dengan adanya SOP maka dapat menghindari adanya tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
8.    Dapat menyediakan pedoman bagi setiap pegawai pada unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
9.    Dapat membantu penelusuran jika terdapat kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan, serta menjamin proses pelayanan agar tetap berjalan dalam beragai situasi.
Nah setidaknya itu dia fungsi dari adanya SOP dalam setiap pengerjaan tugas. Selain memiliki fungsi yang cukup lengkap, SOP juga memiliki manfaat yang cukup banyak dalam membantu berbagai unit pekerja dalam menjalankan tugas-tugasnya. SOP juga sering disebut seagai prosedur tetap dimana di dalamnya memuat tentang apa yang harus dilakukan oleh pekerja, kapan dilakukan, dimana dilakukan, dan siapa yang melakukan.
SOP dibuat untuk menghindari adanya mis komunikasi atau mis koordinasi yang dapat mengakibatkan terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai. Iya terjadinya variasi dalam proses pengerjaan tentunya akan mengganggu kinerja secara keseluruhan dan menimbulkan adanya kerugian.
Dalam pengerjaan SOP memiliki prinsip-prinsip baku yang harus dipenuhi antara lain kemudahan dan juga kejelasan, keselarasan, keterukuran, dinamis, efektifitas dan efisiensi, kepatuhan hukum, kepastian hukum, dan juga harus berorientasi pada pengguna. Pelaksanaan SOP haruslah konsisten dari waktu ke waktu oleh seluruh jajaran unit pekerja mulai dari level terendah hingga level tertinggi.
Nah dari ulasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa apa itu SOP merupakan dokumen yang memuat tentang berbagai informasi serta tata cara pelaksanaan pekerjaan atau kegiatan yang secara garis besar tujuannya adalah untuk mengarahkan setiap unit pekerja agar mampu menghasilkan produk yang efektif dan efisien. Lalu pentingkah bekerja sesuai dengan SOP? Tentu sangat penting, sebab pelaksanaan SOP dengan prinsip konsisten yaitu harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran pekerja baik level tertinggi sekalipun level terendah.

0 komentar

Posting Komentar